PENERAPAN MEDIA GAMBAR-HURUF TEMPEL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SDN MUJUR LOR 02 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | RIZKI LUTFIANA ZAKI, NIM : 1223310019 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3789/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3789/2/RIZKI%20LUTFIANA%20ZAKI_PENERAPAN%20MEDIA%20GAMBAR-HURUF%20TEMPEL.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3789/ |
Daftar Isi:
- Media adalahalat yang digunakanuntukmenyampaikanataumengantarkanpesan-pesanpembelajaran.Sedangakanpembelajaranmerupakansuatukegiatan yang melibatkanseseorangdalamupayamemperolehpengetahuan, keterampilan, dannilai-nilaipositifdenganmemanfaatkansebagaisumberbelajar. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiPenerapan Media Gambar-Huruf Tempel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas I SDN Mujur Lor 02 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitianinipenulismenggunakanjenispenelitiandeskriptifkualitatif.Untukmenjaminkeabsahanpenelitianini, penulisdalammengumpulkan data melaluiobservasi, wawancaradandokumentasi.Kemudianuntukmenganalisis data penulismenggunakananalisis data yang penulisgunakanterdiridari: Data reduction, data display, conclution drawing. Hasilpenelitian yang dilakukanpenulisadalah Media Gambar-Huruf Tempel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas I SDN Mujur Lor 02 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017Metodepembelajaran yang digunakandalammatapelajaranBahasa Indonesia kelas 1 Hasilpenelitianadalah : Penerapan Media Gambar-Huruf Tempel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas I SDN Mujur Lor 02 Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017 pada tema diri sendiri, keluarga serta hewan dan tumbuhan. Dengan menggunakan media gambar-huruf tempel siswa semakin aktif dan semakin cepat paham terhadap materi pembelajaran. Dengan media gambar-huruf tempel siswa juga lebih cepat dan terampil dalam mengeja dan membaca. pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar-huruf tempel pada tema diri sendiri, keluarga serta tema hewan dan tumbuhan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian berjalan dengan baik dan menyenangkan sesuai yang diinginkan oleh guru. Pemilihan media gambar-huruftempelsangatmembantudalam proses pembelajaran. Media gambar-huruftempelinicukupbaikuntukmenyampaikanmaterikhususnyadalampembelajranBahasa Indonesia dalamketerampilanmembaca. Hal inidilihatdarisiswa yang ikutaktifdantermotivasidalammengikuti proses pembelajaranwalaupunmelihatlatarbelakangsiswa SDN Mujurlor 02 KroyaCilacapkhususnyakelas 1 yang kebanyakanbukanlulusan TK yang sangat kurang dalam membaca, kebanyakananak-anakkelas 1 belum lancar membaca dan hanya bisa menirukan, denga nmenggunakan media gambar-huruf tempel siswa dapat membaca dan mengeja lebih baik. Hal initerlihat setelah kegiatanpembelajaran yang dilakukanpadapembelajaranBahasa Indonesia.