IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 01 BALERAKSA KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Okti Fiana Zaeni, NIM. 1123310035 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3777/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3777/2/OKTI%20FIANA%20ZAENI_IMPLEMENTASI%20%20METODE%20%20INKUIRI%20%20%20DALAM%20%20PEMBELAJARAN%20IPA%20KELAS%20IV%20%20DI%20MI%20%20MA%E2%80%99ARIF.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3777/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas IV di MIMa’arif NU 01 Baleraksa Kecamatan karangmoncol kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada kondisi natural. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Nofember-Desember 2016 di MI Ma’arif NU 01 Baleraksa . Penelitian dilaksanakan selama satu pertemuan pembelajaran IPA. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan data keterlaksanaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA, wawancara digunakan untuk mendapatkan data kegiatan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan-hambatan dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan bukti implementasi metode inkuiri pada pembelajaran IPA. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mereduksi data dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan.Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menggunakan metode inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, dalam melaksanakan pembelajaran IPA. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan media pembelajaran. Metode inkuiri terbimbing yang dilaksanakan guru meliputi langkah-langkah (1) Orientasi, (2) Merumuskan masalah (3) Merumuskan hipotesis, (4) Menguji hipotesis, (5) Menarik kesimpulan. Hambatan pembelajaran yaitu guru harus banyak memberikan pengarahan dan penjelasan jika siswa tidak paham dalam menguji hipotesis dan menarik kesimpulan sehingga mengurangi waktu efektif pembelajaran.