NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN DALAM KITAB NIAT INGSUN NGAJI DAN METODE PEMBELAJARANNYA DI PONDOK PESANTREN AL-IHYA ULUMADDIN PUTRI KESUGIHAN CILACAP

Main Author: NI’MAH SETYA ASIH, NIM.1323301228
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3700/1/NI%27MAH%20SETYA%20ASIH_NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20KEIMANAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3700/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3700/
Daftar Isi:
  • Keimanan menjadi pondasi dalam beragama. Kondisi keimanan seseorang sangat berpengaruh pada ibadah seseorang, maupun dalam kehidupan sehari-harinya. Pembentukan keimanan yang kokoh tentunya harus melakukan usaha. Usaha dalam pembentukan keimanan ini disebut dengan pendidikan keimanan.. Pemahaman tentang keimanan yang berdasarkan pada Al-Quran dan hadits bisa didapatkan dari berbagai sumber salah satunya adalah kitab. Banyak kitab yang mengkaji tentang akidah berlandaskan Al-Quran dan hadits, salah satu kitab yang mengkaji tentang akidah adalah kitab Niat Ingsun Ngaji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan keimanan dalam kitab Niat Ingsun Ngaji dan bagaimana metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan dua jenis penelitian kualitatif, yaitu kajian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis) dan analisis kualitatif menurut Miles and Hubberman. Penulis mengupas isi kitab Niat Ingsun Ngaji yang mencakup nilai-nilai pendidikan keimanan dan mendeskripsikan metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap. Pengumpulan data yang digunakan penulis diantaranya pengumpulan data riset kepustakaan untuk mengupas nilai-nilai pendidikan keimanan dalam kitab Niat Ingsun Ngaji, metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengemukakan metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap. Berdasarkan pada hasil penelitian terhadap kitab Niat Ingsun Ngaji terdapat nilai-nilai pendidikan keimanan, diantaranya: kewajiban untuk menghambakan diri kepada Allah, mengimani hari akhir dengan adanya surga, mengimani hari akhir dengan adanya neraka, kedudukan syahadat dalam Islam dan berkumpulnya aqidah 50 dalam lafadz hailalah, kewajiban beriman kepada Allah dan Rasulullah. Adapun metode pembelajaran nilai-nilai pendidikan keimanan berdasarkan observasi dan wawancara di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap diantaranya: metode ceramah/ mau’idzah, metode tanya jawab/ hiwar, metode diskusi, metode karyawisata, metode pembiasaan, metode keteladanan, metode targhib wa tarhib dan metode menghafal. Kata Kunci : Nilai Pendidikan Keimanan, Kitab Niat Ingsun Ngaji, Metode Pembelajaran, Al-Ihya Ulumaddin Putri Kesugihan Cilacap.