Daftar Isi:
  • Tujuan utama dari pendidikan Islam ialah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, laki-laki maupun wanita, jiwa yang bersih, kemauan keras, cita-cita yang benar dan akhlak yang tinggi, tahu arti kewajiban dan pelaksanaannya. Menanamkan nilai-nilai keagamaan pada seorang anak bukanlah suatu perkara yang mudah, menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak merupakan sebuah upaya untuk membentuk karakter manusia yang akan menjalani kehidupan bermasyarakat. Taman Kanak-Kanak Muslimat NU Masyithoh 25 Sokaraja merupakan salah satu dari sekian banyak Taman Kanak-Kanak di wilayah kecamatan Sokaraja yang mempunyai tujuan membentuk anak didik yang berkualitas, taqwa kepada Allah, cerdas, mandiri, dan berakhalakul kharimah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif . Penanaman nilai-nilai keagamaan menjadi fokus penelitian, subjek dalam penelitian ini adalah, kepala sekolah, serta guru. Sedangkan objek penelitiannya penanaman nilai-nilai keagamaan pada anak usia prasekolah. Dalam mengumpulkan data-data, yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Nilai-nilai yang ditanamkan meliputi: nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak dengan materi penanaman nilai-nilai keagamaan pada kegiatan hidup sehari-hari yang berhubungan dengan pembiasaan aturan agama pada diri sendiri. Evaluasi pembelajaran penanaman nilai-nilai keagamaan yang dilaksanakan secara bertahap melalui pengamatan langsung saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci : Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan, Anak Usia Prasekolah, TK Muslimat NU Masyithoh 25 Sokaraja.