PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS Zakky Mar’aty NIM. 1323302052
Main Author: | Zakky Mar’aty, 1323302052 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3667/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3667/2/ZAKKY%20MARATY_PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING%20%28CTL%29%20DALAM%20PEMBELAJAR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3667/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik dibimbing dalam membangun pengetahuan dengan cara mengaitkan materi yang diajarkan denga nsituasi nyata peserta didik. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya, sekadar menghafal, mencatat, dan mendengarkan, akan tetapi belajara dalah proses pengalaman yang bermakna dan menyenangkan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasilpenelitianmenunjukan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Karanglewas mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembealajaran sudah sesuai dengan komponen-komponen model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yakni : konstruktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan melakukan evaluasi dengan penilaian autentik. Namun dalam pelaksanaannya guru belum menggunakan media pembelajaran yang cukup konkret yang mendukung dalam pembelajaran kontekstual. Kata Kunci: Model pembelajarancontextual teaching and learning (CTL), pembelajaran bahasa Arab.