Daftar Isi:
  • Penelitianini dilatarbelakangi supervisiakademik yang dilakukankepalasekolahataupengawassekolahkurangmaksimalsehinggakualitaspembelajaran yang dilakukanoleh Guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan kurangmaksimal. Jenisdanpendekatandalampenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmetode yang digunakanyaitupenelitian survey yang bersifatmenjelaskanfenomena (explanatory research) denganpendekatanpenelitiankorelasional. Rumusanmasalahdaripenelitianini antara lain : 1) hubungansupervisiakademikdengankualitaspembelajaran guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegal; dan 2) bagaimana aktualisasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Guru PAI di SD se-Kecamatan Tegal Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) hubunganantarasupervisiakademikdenganKualiatasPembelajaran Guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegalsignifikan,” karenaberdasarkanuji F atauujinilaiSignifikansi (Sig.), denganketentuan, jikaNilai Sig. < 0,05, maka model regresiadalah linier, danberlakusebaliknya. Berdasarkanuji ANOVA di atas, diperolehnilai Sig. = 0,002a yang berarti<kriteriasignifikan (0,05), dengandemikian model persamaanregresiberdasarkan data penelitianadalahsignifikan, artinyamodel regresi linier memenuhikriterialinieritas.Sehinggadapatdiambilkesimpulanbahwaadahubungan yang signifikanantaraXadan Y (0,002a< 0,05), artinyaterdapatkorelasipositifsignifikanantarasupervisiakademikkepalasekolahdengankualitaspembelajaran guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegal, karenaNilai Sig. (0,002a) < 0,05.Hal itudidasarihasil rata-rata ujiansekolahbersama (USB) matapelajaran PAI masihbanyak yang belummemenuhi SKL (StandarKriteriaLulusan) danjugabelummemenuhi KKM(KriteriaKetuntasan Minimal). 2) aktualialisasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Guru PAI di SD se-Kecamatan Tegal Selatan yaitu : pembinaan kurikulum, perbaikan proses pembelajaran, dan pengembangan staf.