KORELASI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PAI DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL
Main Author: | BACHTIAR YUSUP, 1522605030 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3658/1/BACHTIAR%20YUSUP_KORELASI%20SUPERVISI%20AKADEMIK%20DENGAN%20KUALITAS%20PEMBELAJARAN%20GURU%20PAI%20DI%20SEKOLAH%20DASAR.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3658/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3658/ |
Daftar Isi:
- Penelitianini dilatarbelakangi supervisiakademik yang dilakukankepalasekolahataupengawassekolahkurangmaksimalsehinggakualitaspembelajaran yang dilakukanoleh Guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan kurangmaksimal. Jenisdanpendekatandalampenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmetode yang digunakanyaitupenelitian survey yang bersifatmenjelaskanfenomena (explanatory research) denganpendekatanpenelitiankorelasional. Rumusanmasalahdaripenelitianini antara lain : 1) hubungansupervisiakademikdengankualitaspembelajaran guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegal; dan 2) bagaimana aktualisasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Guru PAI di SD se-Kecamatan Tegal Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) hubunganantarasupervisiakademikdenganKualiatasPembelajaran Guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegalsignifikan,” karenaberdasarkanuji F atauujinilaiSignifikansi (Sig.), denganketentuan, jikaNilai Sig. < 0,05, maka model regresiadalah linier, danberlakusebaliknya. Berdasarkanuji ANOVA di atas, diperolehnilai Sig. = 0,002a yang berarti<kriteriasignifikan (0,05), dengandemikian model persamaanregresiberdasarkan data penelitianadalahsignifikan, artinyamodel regresi linier memenuhikriterialinieritas.Sehinggadapatdiambilkesimpulanbahwaadahubungan yang signifikanantaraXadan Y (0,002a< 0,05), artinyaterdapatkorelasipositifsignifikanantarasupervisiakademikkepalasekolahdengankualitaspembelajaran guru PAI di SekolahDasar se-KecamatanTegal Selatan Kota Tegal, karenaNilai Sig. (0,002a) < 0,05.Hal itudidasarihasil rata-rata ujiansekolahbersama (USB) matapelajaran PAI masihbanyak yang belummemenuhi SKL (StandarKriteriaLulusan) danjugabelummemenuhi KKM(KriteriaKetuntasan Minimal). 2) aktualialisasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Guru PAI di SD se-Kecamatan Tegal Selatan yaitu : pembinaan kurikulum, perbaikan proses pembelajaran, dan pengembangan staf.