MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGEMBANGAN POTENSI BERORGANISASI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBANG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Siti Mukhlisoh, 1423402082
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3656/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3656/2/SITI%20MUKHLISOH_MANAJEMEN%20KESISWAAN%20DALAM%20PENGEMBANGAN%20POTENSI%20BERORGANISASI%20SISWA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3656/
Daftar Isi:
  • Manajemen kesiswaan merupakan suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik mulai dari masuk sampai peserta didik tersebut keluar dari suatu lembaga atau sekolah. Manajemen kesiswaan bukan hanya berbentuk pencatatan data peserta didik saja, melainkan meliputi aspek yang lebih luas yang secara operasional dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui pendidikan di sekolah.Penelitian ini membahas tentang manajemen kesiswaan dalam pengembangan potensi berorganisasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang. Kajian ini dilatarbelakangi oleh Organisasi siswa merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang berfungsi sebagai wahana untuk berlatih di bidang keorganisasian, kepemimpinan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan rekrutmen dan seleksi siswa, pencatatan prestasi belajar siswa, bimbingan dan pembinaan disiplin siswa, dan monitoring pembinaan siswa dalam pengembangan potensi berorganisasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan referensi dan sebagai masukan bagi MTs Negeri Sumbang guna meningkatkan manajemen kesiswaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Research),dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dipergunakan untuk mencari fakta dengan interprestasi yang tepat dan tujuannya adalah untuk mencari gambaran yang sistematis, fakta yang akurat. Adapun instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis field research, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar, dan bukan gambar. Hasil penelitian ini yaitu meliputi : Pertama, Pelaksanaan rekrutmen dan seleksi siswa dengan kegiatan sensus sekolah, penentuan jumlah siswa yang diterima, kegiatan MATSAMA (Masa Orientasi Siswa Sekolah), kemudian pengelompokan siswa. Kedua, Pencatatan prestasi siswa, yaitu bidang akademik yang meliputi buku daftar nilai, buku leger dan raport maupun non akademik, Ketiga, Bimbingan Siswa antara lain: bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan karir. sedang dalam pembinaan disiplin siswa menggunakan teknik external control dan teknik inner control.Keempat, Pelaksanaan monitoring dan evaluasi dilakukan pengawasan secara kontinyu dan berkelanjutan. Adapun evaluasi yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler menyesuaikan dengan jenis ekstra yang bersifat praktikum. Kata kunci : Manajemen, Kesiswaan, Pengembangan Potensi Berorganisasi, MTs Negeri Sumbang.