PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE KETELADANAN DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: AHMAD SYAMSUL ARIFIN, 092338146
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3635/1/AHMAD%20SYAMSUL%20ARIFIN_PELAKSANAAN%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20MELALUI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3635/2/COVER_BABI_BABV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3635/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter sangat baik apabila telah di muliai sejak dini,termasuk dalam wilayah formal,informal dan non formal.Pedidikan karakter pada usia dini sangat membutuhkan contoh sebagai modeling dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari (habit).Pendidikan karakter mendorong lahirnya anak-anak yang baik. Begitu tumbuh dalam karakter yang baik,anak-anak akan timbuh dengan kapasitas dan komitmennya untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukan segalanya dengan benar,dan cenderung memiliki tujuan hidup. Keteladanan pendidik sangat penting demi efektivitas pendidikan karakter. Tanpa keteladanan, pendidikan karakter kehilangan ruhnya yang paling esensial,hanyaslogan,kamuflas,fatamorgana,dan kata-kata negatif lainnya.Keteladanan memang mudah dikatakan,tetapi sulit untuk di lakukan. Latar belakang masalah di atas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut “ Bagaimana pelaksanaan pendidikan Karakter melalui metode keteladanan yang dilaksanakan di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas pada tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode keteladanan. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan hasil penelitian bahwa pendidikan karakter yang di lakukan di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh dilaksanakan dengan melihat karakteristik kepribadian peserta didik yang di lalui dengan beberpa tahap,yaitu pendidikan karakter yang berhubungan dengan Hablumminallah,Hablumminannas, dan Hablumminal ‘alam. Faktor pendukung dalam pendidikan ini pertaa,setiap program penanaman pendidikan karakter di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh yang telah direncanakan kemudian dapat diaplikasikan dalam bentuk dokumentasi,baik tertulis maupun dalam bentuk foto kegiatan peserta didik.Kedua,tersedianya pendidikan yang berkompeten,sedangkan faktor penghambatnya,yaitu kurangnya sarana dan prasarana,letak madrasah yang berdekatan dengan jalan raya sehngga suasan bising dari jalan sering terdengar sehingga peserta didik kurang nyaman dalam belajar. Kata-kata kunci:pendidikan karakter, metode keteladanan.