STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DOWN SYNDROME DI SLB ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS Eka Saputri Febriandani NIM: 1522606037
Main Author: | Eka Saputri Febriandani, 1522606037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3625/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3625/2/EKA%20SAPUTRI_FEBRIANDANI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20BAGI%20ANAK%20BERKEBUTUHAN%20KHUSU.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3625/ |
Daftar Isi:
- Strategi pembelajaran berperan besar dalam proses belajar mengajar untuk mencapai sasaran pendidikan. Dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus down syndrome di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas terwadah dalam satu kelas yang memiliki jenis ketunaan yang sama. Meskipun dalam satu kelas terkumpul dalam jenis ketunaan yang sama, namun mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda, oleh karenannya guru pendidikan agama Islam di SLB Kuncup Mas memiliki sifat yang penyabar dan ramah dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan secara langsung untuk memaparkan kondisi dan aktivitas yang ada dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus down syndrome, serta apa metode yang diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus down syndrome di SLB Kuncup Mas Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisinteraktif model yang dikembangkanoleh Miles danHuberman yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan/verifikasi (drawing and verifying conlution). Adapun pemeriksaan keabsahan data menggunakan credibility(validitas internal), yaitu untuk menilai kebenaran suatu data yang diperoleh. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut:Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan bagi anak berkebutuhan khusus down syndrome di SLB ABCD Kuncup Mas Banyumas adalah strategi kelompok kecil-individu.Sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus down syndrome yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode kerja kelompok, metode latihan dan metode pemberian tugas. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus Down Syndrome, SLB Kuncup Mas Banyumas