IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI MI DARWATA KARANGJATI 01 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP
Main Author: | RIMA REFTIANA ZULITASARI, 1323305057 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3623/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3623/2/RIMA%20REFTIANA%20ZULITASARI_IMPLEMENTASI%20PENDIDIKAN%20INKLUSIF%20DI%20MI%20DARWATA%20KARANGJATI%2001%20KEC.%20SAMPAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3623/ |
Daftar Isi:
- Setiapanakberhakuntukmendapatkanpendidikan.Termasukbagianakberkebutuhankhusus (ABK), merekajugaberhakuntukmendapatkanpendidikan yang salahsatucaranyaadalahmelaluikelasinklusi.Hal tersebutberarti di dalamkelasinklusiterdiridarisiswa normal dengansiswa ABK yang kemudianpadaakhirnyamelahirkansebuahperbedaan-perbedaan. PenelitianinidibertujuanuntukmendekrispikandanmenganalisistentangbagaimanaPendidikanInklusi di MI DarwataKarangjati 01 KecamatanSampang, KabupatenCilacap. Penelitian yang digunakanadalahpenelitianlapangan (fieldresearch).Sumberpenelitianmeliputidata primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapunanalisis data dalampenelitianinimengacupada model Miles danHuberman yang terdiridaritigatahap, anatara lain: reduksi data, penyajian data, danconclusing drawing/verivication. Untukmengujikeabsahan data digunakanujikredibilitasdantriangulasisumber. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa; tujuan pendidikan inklusif untuk memberikan kesempatan kepada semua peserta didik dan menghargai keanekaragaman, kurikulum mengarah kepada mekanisme pengajaran dan modifikasi, tenaga pendidik sebagai fasilitator dalam keberlangsungan pembelajaran, peserta didik yang beragam karakteristik dan jenis kebutuhannya, lingkungan dalam hal ini orang tua, sarana prasarana sebagai penunjang pembelajaran agar maksimal, evaluasi mengenai hasil belajar siswa dan tindak lanjut.