PEMBENTUKAN KARAKER DISIPLIN SISWA MELALUI KETELADANAN GURU AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | LAELY NUR KAHMIDAH, 132301049 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3616/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3616/2/LAELY%20NUR%20KHAMIDAH_PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20DISIPLIN%20SISWA%20MELALUI%20KETELADANAN%20GURU%20AQIDAH%20AKHLAH%20KEL.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3616/ |
Daftar Isi:
- Pembentukan karakter disiplin sebagai cara atau proses membentuk watak, kepribadian luhur, akhlak mulia dengan segala pengajaran, peraturan dan tata tertib yang semestinya harus dilakukan dan ditaati. Disiplin yang dilaksanakan di sekolah adalah segala aktifitas sehari-hari, perbuatan maupun perkataan yang di dasarkan pada nilai-nilai karakter serta norma-norma yang berlaku. Tujuannya yakni agar seseorang maupun siswa mampu melaksanakan disiplin tanpa adanya paksaan melainkan dengan penuh kesadaran untuk kebaikan diri sendiri maupun orang yang ada disekitarnya. Penelitian yang dilakukan di MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara jelas dan mendalam tentang pembentukan karakter disiplin siswa melalui keteladanan guru aqidah akhlak kelas VIII MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru mata pelajaran aqidah akhlak. Obyek penelitian adalah pembentukan karakter disiplin siswa melalui keteladanan guru aqidah akhlak kelas VIII MTs Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, verivikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah dalam membentuk karakter disiplin siswa dengan keteladanan guru aqidah akhlak kelas VIII yakni disiplin waktu, disiplin menegakkan dan menaati peraturan sekolah, disiplin bersikap, disiplin beribadah. Ke-empat kedisiplinan ini dilakukan di dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui strategi Moral Knowing, Moral Loving, Moral Doing. Kata Kunci: Pembentukan Karakter Disiplin, Keteladanan Guru Aqidah Akhlak kelas VIII.