PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN ASMAUL HUSNA DI MI AL-ITTIHAAD 01 PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT
Main Author: | Ika Purnamasari, 1223305046 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3589/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3589/2/IKA%20PURNAMASARI_PEMBENTUKAN%20KARAKTER%20RELIGIUS%20MELALUI%20PEMBIASAAN%20ASMAUL%20HUSNA%20DI%20MI%20AL-ITTIHAAD%200.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3589/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan tidak hanya menyalurkan pengetahuan semata, namun dituntut untuk membentuk karakter peserta didiknya. Hal ini mengacu pada UU Nomor 20 Tahun 2013 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional ialah mengembangkan dan membentuk watak. Perhatian masyarakat terhadap pembentukan karakter religius masih minim sehingga kita mempunyai kewajiban untuk membangun kesadaran pada generasi yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali informasi yang dilakukan oleh pihak-pihak MI Al-Ittihaad 01 Pasir Kidul Purwokerto Barat terkait dengan bagaimana proses pembentukan karakter religius melalui pembiasaan asmaul husna di MI Al-Ittihaad 01 Pasir Kidul Purwokerto Barat. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru kelas, dan peserta didik di MI Al-Ittihaad 01 Pasir Kidul. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan asmaul husna di MI Al-Ittihaad 01 Pasir Kidul Purwokerto Barat. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, teknik yang digunakan oleh peneliti yaitu: wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembentukan karakter religius dilakukan dengan pendekatan yang berorientasi pada peserta didik dengan pengajaran, keteladanan, pembiasaan, peringatan. Adapun kegiatan religius yang dilakukan di madrasah ini yaitu pembiasaan asmaul husna. Selain pembiasaan asmaul husna ada pembiasaan lain diantaranya pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur serta hafalan Al-Qur’an juz 30.