PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYAH PURWOKERTO
Main Author: | IQO ISTIQOMAH, NIM. 1323302083 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3583/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3583/2/IQO%20%20ISTIQOMAH_PENGARUH%20HAFALAN%20AL-QUR%E2%80%99AN%20TERHADAP%20PRESTASI%20BELAJAR%20BAHASA%20ARAB%20SISWA%20KELAS%20VIII%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3583/ |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidik terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan instruksional yang menyangkut isi pelajaran dan perilaku yang diharapkan dari siswa. Prestasi belajar dapat dijadikan indikator terhadap daya serap (kecerdasan) anak didik. Dalam proses belajar mengajar anak didik merupakan masalah utama dan pertama karena anak didiklah yang diharapkan dapat menyerap seluruh materi pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum. Fungsi prestasi belajar tidak hanya sebagai indikator keberhasilan dalam bidang studi tertentu, tetapi juga sebagai indikator kualitas institusi pendidikan. Di samping itu, prestasi belajar juga berguna sebagai umpan balik bagi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga dapat menenukan apakah perlu mengadakan diagnosis, bimbingan, atau penempatan anak didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Hafalan Al–Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hafalan al-Qur’an berada pada kategori baik sekali dengan rata-rata nilai adalah 99,05 atau dengan jumlah responden 24 siswa (88,9%). prestasi belajar bahasa Arab siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai adalah 93,17 atau dengan jumlah responden 20 siswa (74,07%). Dari pengujian analisis regresi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto. Dengan koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,068, sehingga besar pengaruhnya adalah 6,8%. Persamaan regresi Y= 9,479 + 0,843 X. Dimana persamaan tersebut menyatakan bahwa jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X maka nilai variabel Y adalah 9,479. Koefisien regresi sebesar 0,843 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (hafalan al-Qur’an) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (prestasi belajar bahasa Arab siswa) sebesar 0,843.