IMPLEMENTASI NILAI – NILAI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM KEGIATAN IBADAH GHAIRU MAHDHOH BAGI SISWA MA MODERN ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IBS) AL AZHARY AJIBARANG
Main Author: | Prihana Razzaq Ar Raffi, NIM. 1323301015 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3573/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3573/2/PRIHANA%20RAZZAQ%20AR%20RAFFI_IMPLEMENTASI%20NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20KEPRAMUKAAN%20%20DALAM%20KEGIATAN%20IBADAH%20GHAIRU%20MAHDHOH%20BAGI%20SISWA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3573/ |
Daftar Isi:
- Nilai pendidikan bagi kehidupan manusia merupakan cikal bakal apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari—hari dalam berperilaku. Dengan nilai pendidikan, manusia dapat mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan zaman yang selaras dengan tatanan agama Islam. Dalam Islam penerapan nilai-nilai ibadah ghairu mahdhoh sangat ditekankan karena ibadah ini merupakan ibadah yang tidak ada takaran, waktu dan ketentuan pelaksanaanya dari nas Al Qur’an dan penerapannya berhubungan dengan makhluk Allah. Pendidikan kepramukaan merupakan jalur pendidikan nonformal yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai pendidikan kepramukaan dapat membentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup. Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui implementasi nilai–nilai pendidikan kepramukaan dalam kegiatan ibadah ghairu mahdhoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Modern Al azhary Islamic Boarding School (IBS) Ajibarang Banyumas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan implementasi nilai–nilai pendidikan kepramukaan dalam kegiatan ibadah ghairu mahdhoh sudah berjalan dengan baik, walaupun kurangnya tenaga pelatih menjadi penghambat dalam berkegiatan akan tetapi sejauh ini nilai-nilai pendidikan pendidikan pramuka sudah dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adapun nilai-nilai yang telah diterapkan adalah adalah nilai kesadaran, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai peduli.