PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 PATIKRAJA TAHUN 2015/2016

Main Author: Ach. Musthofa Ngafifi, NIM. 102332077
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3572/1/Cover_BabI_BabV_DaftarPustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3572/2/Achmad%20Musthofa%20Ngafifi_Penerapan%20Metode%20Bernyanyi%20dalam%20Pem.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3572/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran terdapat metode yang bermacam macam metode tersebut melihat kebutuhan dari kemampuan pendidik dan peserta didik, mufrodat merupaka kunci yang paling penting dalam pembelajaran bahasa arab, ketika siswa kurang memahami sebuah mufrodat maka akan sangat sulit memahami pelajaran tersebut, dengan adanya problem tersebut maka penggunaan salah satu metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan seperti metode bernyanyi, dengan bernyanyi diharapkan siswa tidak terbebani dalam menghafal sebuah mufrodat, selain pemilihan metode dalam pembelajaran mufrodat penggunakan metode bernyanyi tersebut persiapan guru berperan penting dalam pembelajaran tersebut, persiapan tersebut meliputi guru menyiapkan materi mufrodat yang sesuai, pertama-tama sebelum memasuki kelas guru memilih mufrodat yang tepat dalam pembelajaran tersebut kemudian guru menyampaikan materi yang akan disampaikan seperti mufrodat kegiatan disekolah atau tentang profesi, langkah selanjutnya guru menulis mufrodat pada papan tulis disertai lagu yang akan digunakan, selanjutnya siswa menulis mufrodat tersebut kemudian dibaca bersama-sama menggunakan lagu yang sudah ditentukan dan siswa diberi tugas untuk menyanyikan dan membuat secara berkelompok yang dipraktekkan di depan kelas pada pertemuan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaranmufradat di MTs Ma’arif NU 1 Patikraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan(field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalamperjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi,interview/wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulismenggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan tentang pembelajaran mufradat diMTs Ma’arif NU 1 Patikraja yaitu guru menuliskan mufrodat dan membacakan mufradat menggunakan lagu yang sudah ditentukan, kemudian siswa menirukan mufradat yang dibacakan olehguru, setelah itu siswa diberi waktu untuk menghafal mufradat dengan nyanyian.Penilaian yang digunakan oleh guru bertahap yaitu dengan tes tertulis kemudian teslisan.