Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian ataupun teknik-teknik menjawab soal ujian. Tetapi pendidikan karakter merupakan suatu pembiasaan.Pembiasaan berbuat baik, pembiasaan menghormati orang lain, pembiasaan untuk berbuat jujur, pembiasaan untuk tidak berbuat malas, pembiasaan mengahargai waktu, dan lain sebagainya.Semua itu harus dilatih secara serius dan proporsional agar mencapai bentuk dan kekuatan yang ideal. Dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19 terdapat pendidikan karakter yang dapat dijadikan contoh untuk orang tua dan pendidik tentang cara menanamkan karakter yang baik pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Datanya diperoleh melalui sumber literatur (Libarary Research) yaitu kajian literatur melalui kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini menggunakan pendekatan semantik Toshihiko Izutsu yaitu analsis relasional kata dan analsis historikal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai karakter yang terdapat dalam Al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19 yaitu: Pertama, pendidikan akidah; kedua, pendidikan ibadah; ketiga, pendidikan akhlak dalam keluarga; keempat, pendidikan akhlak dalam lingkungan; dan yang terakhir, pendidikan kepribadian yang harus dimiliki setiap manusia.