IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 5 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Teguh Saputra, NIM. 1323308049
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3562/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3562/2/TEGUH%20SAPUTRA_IMPLEMENTASI%20KURIKULUM%202013.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3562/
Daftar Isi:
  • Implementasi Kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik. Tema Kurikulum 2013 adalah menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam implementasi kurikulum, guru dituntut untuk secara profesional merancang pembelajaran efektif dan bermakna (menyenangkan), mengorganisasikan pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, menentukan prosedur pembelajaran dan pembentukan kompetensi secara efektif, serta menetapkan kriteria keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dilihat dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian di SMA Negeri 5 Purwokerto. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Kurikulum 2013, sudah diterapkan di SMA Negeri 5 Purwokerto dan pelaksanaan pembelajarannya berjalan dengan optimal, dan keberhasilannya ditentukan oleh kemampuan masing-masing guru. Dalam pembelajarannya, guru sudah melakukan tahap-tahap yang diantaranya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran