PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL MTs MODERN AL AZHARY AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Jamal Nur Aziz, NIM. 1223301201
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3560/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3560/2/JAMIL%20NUR%20AZIZ_PEMBELAJARAN%20AGAMA%20ISLAM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3560/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Agama Islam memilikiperananpentingdalam proses pendidikan. Pembelajaran agama Islam meliputitigapokokpembahasanyaituaqidah, syariat, danakhlak.Banyakkalangan yang menilaibahwakegagalanpembelajaran agama Islam disebabkanolehpembelajaran yang hanyamemperhatikanaspekkognitifsajadanmengabaikanafektifsertapsikomotorikyaitukemauandantekaduntukmengamalkannilai-nilaiajaran agama.Akibatnyaterjadikesenjanganantarapengetahuandanpraktek, sehinggatidakmampumembentukpribadi-pribadi Islam.Dengansistemsekolahberasrama (Islamic Boarding School), siswatidakhanyamendapatkanpelajaransecarakognitif, melainkandapatmengamalkandalamsehari-hari. Berdasarkankajiannya, penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research).Penelitianinidenganmenggunakanpendekatanstudikasusdeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahKepalaSekolah, Guru, pengelolaasrama, dansiswa.Dalampengumpulan data penelitianmenggunakanteknikwawancara, observasi, dandokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanadalahpolaberfikir Milles danHuberman, yang terdiridari: reduksi data, penyajian data, dankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran agama Islam di Islamic Boarding School MTs Modern Al AzharyAjibarangmeliputi: pembelajaranaqidah, syariat, danakhlakdengankomponenpembelajaran yang samayaitu a. Tujuan, b. Materi, c. Metode, dan d. Evaluasi. Pertama, pembelajaranaqidahmenggunakankitabaqidatul ‘awam di kelas VII, denganmetodehafalan, ceramah, tanyajawab, pembiasaan.Kedua, pembelajaransyariatmenggunakankitabmabadifiqiyahjilid 3 di kelas VII danjilid 4 di kelas IX, denganmetodeceramah, bandongan, sorogan, demontrasi.Ketiga, pembelajaranakhlakmenggunakankitabalala di kelas VII danta’limmuta’alimdi kelas VIII, denganmetodeceramah, bandongan, keteladanan, pembiasaan.Selainpembelajaran di kelasjugaadapembelajaranseraralangsungdalamsehari-harimeliputishalatjamaah, pembabacaanshalawat, tahajud, dzikir, dll.Untukmengetahuitingkatkeberhasilandaripembelajaranakidah, syariatdanakhlak.Ustadz/ustadzahdanpengurusmelakukanevaluasi, dengancaramengamati, mengontrolsetiaphari, teslisandilakukansewaktu-waktu di kelas, testertulisdilakukanketika semester ganjildan semester genap.