Daftar Isi:
  • Manusia yang baik adalah manusia yang memiliki karakter religius. Oleh karena itu , penanaman karakter religius sangat memiliki peran penting yang akan mewarnai perkembangan manusia itu secara keseluruhan. Khususnya karakter religius yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik untuk membekali saat ini dan nanti ketika sudah lulus dari jenjang pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki program-program tersendiri untuk menanamkan karakter religius salah satunya dalam pembelajaran aqidah akhlak. Tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan penanaman karakter religius dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Sumbang kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat kualitatif deskriptif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang dilakukan di lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru BK, guru aqidah akhlak, dan peserta didik MTs Negeri Sumbang kabupaten Banyumas. Sedangkan objek penelitian ini adalah penanaman karaakter religius dalam pembelajaran aqidah akhlak. Metode pengumpulan yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data (Data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan ( Conclusion drawing) atau Verifikasi (Verifacation) Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penanaman karakter religius di tanamkan dalam pembelajaran aqidah akhlak. Karakter religius yang ditanamkan dalam pembelajaran aqidah akhlak yaitu kedisiplinan, kejujuran dan rendah hati. Dan penanaman arakter religius dalam kegiatan adalah saling menghormati, saling percaya, saling menerima perbedaan. Strategi yang digunakan, meliputi: keteladanan, pembiasaan, internalisasi nilai