Strategi Guru Pendidikan Agama Islam DalamMenanggulangiKenakalanRemaja Di Smk N 1 KaranganyarKabupatenPurbalingga

Main Author: MaulanaFahmi, 1323301057
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3530/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3530/2/MAULANA%20FAHMI_STRATEGI%20GURU%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DALAM.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3530/
Daftar Isi:
  • Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak, mereka diliputi rasa keingin tahuan yang sangat tinggi sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai atau norma yang berlaku dimasyarakat maupun disekolah. Efek negatif globalisasi telah menjadikan remaja yang menyalahgunakan teknologi, seperti halnya, menonton televisi sampai larut malam dengan program yang menarik dan membuka situs-situs yang tidak selayaknya mereka lihat dan faktor lingkungan juga berpengaruh kepada perkembangan remaja sehingga para remaja akan cendrung melakukan kenakalan seperti merokok, tidak mengerjakan PR, tidak mengikuti pelajaran, mencontek, ramai saat sedang diajar,berkelahi dan berkata kasar kepada guru. Kondisiinilah yang perlumendapatperhatianseriusoleh guru pendidikan agama islamdalammenanggulangikenakalanremaja di SMK N 1 KaranganyarPurbalingga. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuigambaran yang jelasmengenaibagaimanastrategi yang dilakukan guru PAI dalammenanggulangikenakalansiswa di SMK N 1 KaranganyarPurbalingga.Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianlapangan yang bersifatdeskriptifanalisis.Metodepengumpulan data yang digunakananataralainwawancaraobservasidandokumentasi. Sedangkanuntukmenganalisis data yang diperoleh, penulislakukandengancaramengumpulkanseluruh data, mereduksi data, menyajikan data, danverivikasi data. Hasildaripenelitianinimenunjukan (1) adabeberapabentukusaha yang dilakukanoleh guru PAI dalammengatasikenakalanremajayaitubekerjasamadengan guru BK, walikelasdanwalimuriddengantigalangkah, pertamatindakanpreventif, keduakuratifdanketigapembinaan. (2) adabeberapafaktor yang mendukung guru PAI tersebutdiantaranyaialahkerjasama yang baikdengan yang terjalinantara orang tuasiswadenganpara guru (pihaksekolah). Peran orang tuasangatbesarbagitercapainyausaha yang dilakukanoleh guru PAI.Sedangkanfaktor yang menghalangikelancaran guru PAI dalammengatasikenakalanremajaadalahkuranganyakesadarandarisiswauntukmematuhiperaturansekolahdankurangnyaperhatian orang tuaterhadapanaknya. Kata Kunci: startegi, guru PAI, dankenakalanremaja