Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter atau yang berbasis pada pembangunan karakterpeserta didik menjadi wacana yang ramai dibicarakan di dunia pendidikan maupun di kalangan masyarakat. Kebutuhan pendidikan yang dapat melahirkannmanusia Indonesia yang berkarakter sangat dirasakan, karena degradasi moral yang terus menerus terjadi pada bangsa ini, nyaris membawa bangsa ini pada kehancuran. Salah satu cara untuk menumbuhkan pendidikan karakter di sekolah yaitu dengan kegiatan ekstrakurikuler. Salah satunya yaitu pramuka. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan gambaran ekstrakurikuler pramuka di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng, pembelajaran nilai-nilai karakter pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng, factor pendukung dan penghambat dalam penanaman pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Pendidikan Karakter di MTs Ma’arif NU 10 Kerenceng dilakukan dengan berbagai metode pembelajaran salah satunya dengan metode pembiasaan yakni dengan melakukan kegiatan jumat rutin, dimana latihan ini bertujuan untuk membiasakan siswa bersikap disiplin.Kedisiplinan siswa selalu dilatih pada saat latihan rutin. Pelaksanaan latihan rutin di hari Jum’at dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan. Apabila ada siswa yang terlambat maka akan dikenai sanksi sesuai dengan porsinya. Selain itu siswa juga dikenalkan dengan MKDJ (Malam Kenang Darah Juang), di mana kegiatan ini memiliki makna yang sangat positif dan juga dapat membentuk karakter yang kuat kepada para siswa anggota Pramuka. Hal ini dapat mengembangkan nilai-nilai karakter seperti, Religius, jujur, disiplin, mandiri, kerja keras, demokratis, peduli social, toleransi, kreatif dan tanggung jawab.