PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DALAM PENDIDIKAN MODEL FULL-DAY SCHOOL DI SMP AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

Main Author: AYU PARASNIA, NIM. 1323301079
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3508/1/ABSTRAK.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3508/2/AYU%20PARASNIA_PENANAMAN%20NILAI-NILAI%20AGAMA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3508/
Daftar Isi:
  • Penanaman nilai-nilai agama sangat penting bagi bangsa Indonesia termasuk pendidikan agama islam itu sendiri. Peserta didik harus memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan agama yang dianutnya. Dengan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa setiap peserta didik memiliki akhlak yang baik sesuai dengan ajaran agama. Selain itu, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah memiliki program full-day school dalam rangka meminimalisir kegiatan-kegiatan negatif yang dilakukan siswa sepulang sekolah dan penanaman nilai-nilai pendidikan agama yaitu suatu tindakan atau cara untuk menanamkan pengetahuan yang berlandaskan pada wahyu Allah SWT dengan tujuan agar anak mampu mengamalkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar dengan kesadaran dan tanpa paksaan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Teknik analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai agama dalam pendidikan model full-day school di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dilaksanakan melalui beberapa metode yaitu, melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat dan memberi perhatian, dan metode hukuman. Metode di aplikasikan dalam kegiatan berupa shalat dhuha, shalat dzuhur berjama’ah dan shalat jum’at, pagi ceria dengan tadarus Al-Qur’an, infaq di hari jum’at, dan peringatan hari-hari besar Islam. Semua kegiatan tersebut masuk dalam nilai religius, baik nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak, nilai keteladanan, nilai amanah dan ikhlas. Dan dikatakan berhasil karena peserta didik sudah menunjukkan nilai-nilai tersebut.