PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI DARWATA NUSAJATI KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP
Main Author: | ENDAH WURI SEPTIANI, NIM. 1323305056 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3491/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3491/2/ENDAH%20WURI%20SEPTIANI_PENERAPAN%20METODE%20DRILL%20%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20MATEMATIKA%20KELAS%20IV%20%20DI%20MI%20DARWAT.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3491/ |
Daftar Isi:
- Penerapan metode drill pembelajaran matematika merupakan bentuk dari sebuah metode pembelajaran yang dituangkan pada mata pelajaran matematika yang di tunjukan guna mencapai tujuan pembelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan metode drill pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Darwata Nusajati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode drill pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Darwata Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode drill apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau fieldresearch untuk memperoleh data yang sebenarnya, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di MI Darwata Nusajati Kec. Sampang Kab. Cilacap. Subjek penelitian ini adalah Guru Matematika kelas IV dan siswa kelas IV MI Darwata Nusajati Kec. Sampang Kab. Cilacap. Dalam melakukan pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan yaitu melalui tiga tahap yaitu pertama adalah reduksi data penulis mengelompokkan data-data dalam penelitian dan membuang data-data yang tidak dibutuhkan. Langkah yang kedua adalah penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Setelah penelitian ini dilakukan, diperoleh kesimpulan dari penulis bahwa penerapan metode drill pada mata pelajaran matematika yang dilakukan di MI Darwata Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap berjalan secara efektif dan efisien.