IMPLEMENTASI STRATERGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI SIBYANUL HILAL PLANA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | FITRIA WAHYU ROMADHONA, NIM. 1323305058 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3477/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3477/2/FITRIA%20WAHYU%20ROMADHONA_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20INKUIRI%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20KELAS%20I.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3477/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas III MI Sibyanul Hilal, merupakan kelas yang sudah menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III di MI Sibyanul Hilal, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di MI Sibyanul Hilal Plana Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri, apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu peneliti melihat secara langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi strategi pembelajaran inkuiri. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Sibyanul Hilal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini, implementasi strategi pembelajaan inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam proses pembelajarannya dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).