IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV MI MA’ARIF NU TLAHAB LOR KARANGREJA URBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Cahya Winasih, 1323310043 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3476/1/CAHYA%20WINASIH_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20AKTIF%20%20INDEX%20CARD%20MATCH%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20BAHAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3476/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3476/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menyajikan data, dan menaganalisis secara kritis keadaan sebenarnya tentang implementasi strategi pembelajaran aktif index card matchpada pembelajaran bahasa Jawa kelas IV MI Ma’arif NU Tlahab Lor Karangreja Purbalingga tahun pelajaran 2017/2018. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif index card match yang membuat hasil belajar mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa di MI Ma’arif NU Tlahab Lor menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas IV MI Ma’arif NU Tlahab Lor tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penulis melakukan pengamatan secara langsung dilapangan, untuk memperoleh data terkait penerapan strategi pembelajaran aktif index card match. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas IV MI Ma’arif NU Tlahab Lor tahun pelajaran 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan strategi pembelajaran aktif index card match melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembelajaran bahasa Jawa kelas IV MI Ma’arif NU Tlahab Lor. Proses pelaksanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang ada dalam RPP, seperti media pembelajaran, materi pembelajaran, dll. Proses Pelaksanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran, meliputi kegiatan awal atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberikan motivasi, memusatkan perhatian, dan apersepsi. Kegiatan inti, guru mengimplementasikan strategi pembelajaran aktif index card match melalui langkah-langkah strategi pembelajaran aktif index card match. Secara garis besar, kegiatan inti dilakukan seperti yang telah disampaikan Hisyam Zaini dan Melvin L Siberman. Kegiatan akhir, guru memberikan kesimpulan. Proses evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes tertulis.