PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Aftiani Nur Azizah, NIM. 1123310016 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3468/1/ABSTRAK.docx http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3468/2/AFTIANI%20NUR%20AZIZAH%20_PENGGUNAAN%20MEDIA%20BENDA%20KONKRET%20%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20IPS%20%20KELAS%20V%20MI%20MUHAMMADIY.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3468/ |
Daftar Isi:
- Materi IPS penuh dengan pesan-pesan yang bersifat abstrak. Konsep-konsep seperti waktu, perubahan, kesinambungan (continuity), arah mata angin, lingkungan, ritual, akulturasi, kekuasaan, demokrasi, nilai, peranan, permintaan, atau kelangkaan adalah konsep-konsep abstrak yang dalam program studi IPS harus dibelajarkan kepada siswa SD. Untuk itu perlu penggunaan media pembelajaran yang menggunakan media benda konkrit agar siswa mudah memahami materi yang diajarkan. Media benda konkrit merupakan objek yang sesungguhnya yang akan memberikan rangsangan yang amat penting bagi siswa dalam mempelajari berbagai hal, terutama yang menyangkut pengembangan keterampilan tertentu. Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penggunaan Media Benda Konkret dalam Pembelajaran IPS Kelas V MI Muhammadiyah Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MIM Karanglo. Adapun objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media konkret dalam pembelajaran IPS. Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Pada pembelajaran IPS yang dilaksanakan di kelas V MI Muhammadiyah Karanglo, guru biasanya menggunakan media pembelajaran konkrit yang berasal dari lingkungan dan media pembelajaran berupa gambar dan benda-benda lain yang ada di sekitar lingkungan yang dapat digunakan sebagai media.Untuk materi tentang peninggalan sejarah kebudayan Hindu, peninggalan sejarah kebudayan Budha, dan peninggalan sejarah kebudayan Islam di Indonesia, media yang digunakan antara lain miniatur candi, miniatur masjid, gambar-gambar, wayang kulit, peta wilayah, peta tempat atau letak di mana kerajaan Hindu, kerajaan Budha, dan kerajaan Islam di Indonesia. Untuk materi tentang macam-macam usaha perekonomoan dan jenis badan usaha, maka media benda konkrit yang digunakan antara lain gambar-gambar jenis usaha perekonomian, gambar jenis-jenis badan usaha, uang mainan, alat dan perlengkapan yang biasa digunakan oleh pelaku kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, dan lingkungan sekitar.