IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD N 01 KOTAYASA SUMBANG BANYUMAS

Main Author: Siska Mei Sundari, NIM. 1323305022
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3463/1/ABSTRAK.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3463/2/SISKA%20MEI%20SUNDARI_IMPLEMENTASI%20STRATEGI%20PEMBELAJARAN%20INQUIRY.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3463/
Daftar Isi:
  • inquiry pada pembelajaran IPA kelas III SD N 01 Kotayasa Sumbang Banyumas. Jenis peneliti yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan strategi pembelajran inquiry. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPA kelas III. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan strategi inquiry sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di BAB II. Pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inquiry di SD N 01 Kotayasa meliputi kegiatan perencanaan mulai dari silabus sampai pada penyusunan RPP. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan guru kelas III ini dengan menggunakan langkah-langkah strategi pembelajaran inquiry ini yakni, orientasi guru mengajak siswa untuk berfikir memecahkan masalah, merumuskan masalah dengan dihadapkan pada suatu persoalan yang mengundang teka-teki, mengajukan hipotesis atau jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji, mengumpulkan data dengan cara mengembangkan kemampuan pada setiap siswa, menguji hipotesis dengan cara memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membacakan hasil diskusinya, dan merumuskan kesimpulan dengan cara guru memberikan arahan pada jawaban siswanya. Hal ini menunjukan bahwa SD N 01 Kotayasa telah berhasil menerapkan strategi pembelajaran inquiry untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dalam KBM.