Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas
Main Author: | Nurfati’ah, 1323310059 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3436/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3436/2/NURFATIAH_PENANAMAN%20KARAKTER%20TANGGUNG%20JAWAB%20PADA%20SISWA%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20DARUL%20HIKMAH%20BANTARSOK.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3436/ |
Daftar Isi:
- Semakin menurunnya rasa tanggung jawab individu dan warga negara serta masih banyak kasus di Indonesia yang menunjukan figur yang kurang bertanggung jawab menuntut setiap institusi pendidikan untuk menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa. Penanaman karakter tanggung jawab pada siswa adalah proses menumbuhkan atau menanamkan pada diri siswa untuk selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang harus dilakukan baik terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, bangsa/negara, dan Tuhan Yang Maha Esa. Penanaman karakter tanggung jawab sangat penting untuk ditanamkan pada siswa supaya pada saat dewasa kelak memiliki kepribadian yang baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat serta mampu melaksanakan berbagai bentuk tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penanaman karakter tanggung jawab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Penelitian yang dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter tanggung jawab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualtatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verivication. Hasil penelitian menujukan bahwapenanaman karakter tanggung jawab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran maupun kegiatan di luar pembelajaran serta kegiatan rutin yang menjadi program pembiasaan madrasah. Dari kegiatan-kegiatan tersebut telah mencakup seluruh bentuk tanggung jawab yang harus dimiliki seperti tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, bangsa/negara, dan terhadap Tuhan. Sedangkan proses dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa menggunakan metode pengajaran, keteladanan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, pengondisian lingkungan, teguran, dan hukuman. Kata Kunci: Penanaman Karakter, Karakter Tanggung Jawab.