PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: AGUS PURWANTO, 1323308063
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3434/1/AGUS%20PURWANTO_PENGARUH%20METODE%20SURVEY%2C%20QUESTION%2C%20READ%2C%20RECITE.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3434/2/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3434/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Penddikan Agama Islam yang dilaksanakan di sekolah masih menggunakan Pendekatan pembelajaran di kelas menggunakan pendekatan konvensional seperti ceramah dan merangkum yang tidak memberikan kebebasan kepada siswa untuk aktif di kelas sehigga siswa bosan dengan pembelajaran yang dilaksanakan secarara terus menerus tanpa metode yang baru. Sehingga perlu adanya solusi agar pembelajaran Penddikan Agama Islam menjadi lebih menarik dan membuat siswa tidak menyukai pelajaran terhadap pelajaran Penddikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam dalm pembelajaran perlu mendorong siswa agar lebih aktif di dalam kelas Pembelajaran Penddikan Agama Islam juga harus bisa mengkondisikan siswa dengan lingkungan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran Penddikan Agama Islam yang berorientasi pada pengamalan agama islam dalam kehidupan sehari-hari adalah metode Survey, Question, Read, Recit, Review ( SQ3R) Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk essay. Materi yang digunakan adalah Asmaul Husna. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Analisis data menggunakan N-gain. Berdasatkan hasil analisis data menggunakan N-gain diperoleh rata-rata G kontrol sebesar 0,3898 dan rata-rata G eksperimensebesar 0,4902 yang berarti keduanya termasuk peningkatan dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif metode Survey, Question, Read, Recit, Review ( SQ3R) terhadap hasil belajar siswa SMP N 2 Kedungbanteng materi asmaul husna. Kata kunci : metode Survey, Question, Read, Recit, Review ( SQ3R), Hasil Belajar Siswa.