IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA DIKELAS III SD NEGERI 02 KEBOCORAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Laela Qodriyah, 1323305028
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3433/1/COVER_ABSTRAK_DAFTA%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3433/2/LAELA%20QODRIYAH_IMPLEMENTASI%20PENDEKATAN%20CONTEXTUAL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3433/
Daftar Isi:
  • Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi nyata siswa dan mendorong antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep ini, hasil pembelajaran di harapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)pada pembelajaran IPA dikelas III SD Negeri 02 Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fieldresearch) dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL)pada pembelajaran IPA dikelas III SD Negeri 02 Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, terdapat beberapa kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Berbeda dengan di teori langkah-langkah pembelajaran IPA di sekolah dasar hanya ada pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajarannya tetapi tidak ada perencanaan pembelajaran. Akan tetapi dalam teori langkah-langkah pembelajaran IPA menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri 02 Kebocoran Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, belum sesuai dengan teori yang ada akan tetapi, guru dalam proses pembelajaran menjadikan siswa aktif, antusias, semangat belajar, termotivasi belajar IPA, serta tidak membosankan karena menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang membuat siswa tertarik dan tidak membosankan.