PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA PADA EKSTRAKURIKULER BELA DIRI KARATE DI MI MODERN SATU ATAP AL-AZHARY KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Febriana Rosmawati, NIM. 1323310067
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3430/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3430/2/FEBRIANA%20ROSMAWATI_PENGEMBANGAN%20KECERDASAN%20KINESTETIK%20SISWA%20PADA%20KEGIATAN%20EKSTRAKURIKULER%20BELA%20DI.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3430/
Daftar Isi:
  • Kecerdasan merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri. Pada dasarnya setiap anak itu cerdas, tidak ada anak yang bodoh. Kecerdasan yang dianugrahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada masing-masing anak berbeda-beda taraf dan jenisnya. Untuk itu sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi orang tua, guru, serta masyarakat untuk mengembangkan bakat dan minat anak. Salah satu cara sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik adlah dengan diadakannya program ekstrakurikuler. Dengan mengikutsertakan siswa kedalam ekstrakurikuler, bakat, minat, serta potensi yang dimiliki oleh siswa dapat disalurkan dan dikembangkan dengan baik. Salah satu ekstrakurikuler yang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa yaitu pada ekatrakurikuler bela diri karate. Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan dan menganalisis tentang bagaimana pengambangan kecerdasan kinestetik pada siswa di MI Modern Satu Atap al-Azhary kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas yang dilaksanakan pada ekstrakuriler bela diri karate. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuaalitatif. Dimana data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pelatih ekstrakurikuler, siswa yang mengikuti ektrakurikuler, kepala madrasah, dan pembina ekstrakurikuler. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah proses pengembangan kecerdasan kinestetik siswa pada ekstrakurikuler bela diri karate. Adapun analisis data pada penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conslusion drawing/ verifikation ( penarikan kesimpulan/ verifikasi). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan kecerdasan kinestetikyang dilakukan pada kegiatan ekstrakurikuler bela diri karate di MI Modern Satu atap Al- Azhary meliputi: bergabung dengan ekstrakurikuler bela diri karate, bergerak dengan melibatkan fisik dalam proses latihan,berlatih teknik bela diri karate, melakukan gerakan bela diri karate secara berulang-ulang, berlatih kecepatan bela diri karate,memantau perkembangan kecerdasan kinestetik siswa. Hal yang dilakukan untuk mengembangkan komponen kecerdasan kinestetik pada ekstrakurikuler bela diri karate adalah koordinasi, keseimbangan,kekuatan dan kecepatan.