Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikanpendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius di SD Islam Terpadu Harapan Umat Kembaran Kabupaten Purbalingga. Manfaatnya antara lainmenambah pengetahuan bagi peneliti khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya tentang metode/caradalam mewujudkan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu penelitianyang dalampengumpulandatanyadilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Proses penelitianlebihbersifatseni (kurangterpola), dandisebutdenganmetode interpretative karena data hasilpenelitianlebihberkenaandenganinterpretasiterhadap data yang di temukan di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Pendiri Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaaan, Guru Mata Pelajaran PAI, beberapa guru, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum serta beberapa Siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius di SD Islam Terpadu Harapan Umat Kembaran Kabupaten Purbalingga.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data kualitatif peneliti menggunakan 3 langkah-langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikankarakterberbasisnilai-nilaireligius di SD Islam TerpaduKembaranKabupatenPurbalinggadenganmenerapkan10 nilaikarakter, antara lain (1) salimul ‘aqidah, (2)shahihul‘ibadah, (3)matinul khuluq,(4)qawwiyyul jismi,(5)mutsaqaful fikri,(6) mujahidun linafsihi, (7) haritsun ‘ala waqtihi, (8)munazhamun fi syu’unihi, (9) qadirun ‘alalkasbi,(10) nafi’un lighairihi.Pendidikan karakter religius dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan yang mengandung nilai religi, denganmengunakanmetode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, metode pengamatan dan pengawasan, serta metode hukuman. Denganpendekatan-pendekatanantaralainpenanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kognitif, pendekatan analisis nilai,dan pendekatan pembelajaran berbuat. Pendidikankarakterberbasisnilai-nilaireligiusmempunyaifaktorpendukungmeliputiPendidik, orang tuasertasaranadanprasarana.Sedangkanfaktorpenghambatantaralainfaktor intern danekstern. Faktor intern yaitufaktor yang berasaldaripendidikdanpesertadidik, sedangakanfaktoreksternberasaldari orang tuadanlingkunganmasyarakat.