IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS III SD N 01 KOTAYASA SUMBANG BANYUMAS
Main Author: | Fitriyani, 1323305029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3414/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3414/2/FITRIYANI_IMPLEMENTASI%20METODE%20PEMBELAJARAN%20ROLE%20PLAYING%20PADA%20PEMBELAJARAN%20IPS%20KELAS%20III%20SD%20N%2001%20KOTAYASA%20SUMBANG%20BANYUMAS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3414/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas III SD N 01 Kotayasa sudah menerapkan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS kelas III di SD N 01 Kotayasa Sumbang Banyumas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Pada Pembelajaran IPS Kelas III SD N 01 Kotayasa Sumbang Banyumas?” Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS di SD N 01 Kotayasa apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan ataukah belum. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai implementasi metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS kelas III SD N 01 Kotayasa. Adapun objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS sudah sesuai dengan teori yang sudah penulis paparkan pada bab II. Implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS kelas III SD N 01 Kotayasa meliputi perencanaan seperti penyusunan RPP sebelum melakukan pembelajaran, pelaksanaan yaitu penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS, serta evaluasi yang dilakukan oleh guru. Semua rangkaian implementasi metode pembelajaran role playing pada pembelajaran IPS sudah berjalan efektif terbukti dengan peserta didik lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran