METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI NEGERI SIKANCO KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Umi Fatmawati, 102335100
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/341/1/Cover_BabI_BabV.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/341/2/UMI%20FATMAWATI_METODE%20PEMBELAJARAN%20MATEMATIKA%20DI%20MI%20NEGERI%20SIKANCO%20KECAMATAN%20NUSAWUNGU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/341/
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran matematika, permasalahan yang paling sering muncul adalah bagaimana agar pembelajaran dan penyajian konsep matematika menyenangkan. Perbedaan daya tangkap otak anak sering kali membuat anak mengalami kesulitan dalam mempelajari pelajaran eksak terutama matematika. Padahal matematika merupakan salah satu disiplin ilmu umum yang harus dipelajari karena matematika menawarkan banyak manfaat. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan metode yang sesuai untuk mempermudah proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran matematika di MI Negeri Sikanco Tahun Pelajaran 2015/2016?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatanya menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Guru Matematika, siswa MI Negeri Sikanco, dan Kepala Sekolah. Adapun sumber data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru di MI Negeri Sikanco dikolaborasikan dengan metode lainya. Metode tersebut antara lain: metode ceramah, metode latihan, metode penugasan, metode ekspositori, metode diskusi, metode tanya jawab, metode kerja kelompok, dan metode demontrasi. Dalam proses pembelajaran, guru memvariasikan beberapa metode sehingga menjadi satu bagian. Mengkombinasikan bermacam-macam metode pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Namun metode yang paling sering digunakan adalah metode ceramah dan metode latihan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Matematika