PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE QUANTUM TEACHING POKOK BAHASAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I MI COKROAMINOTO 02 TRIBUANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Neli Fitriyani, 1323310005 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3404/1/ABSTRAK.docx http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3404/2/NELI%20FITRIYANI_PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20BAHASA%20INDONESIA%20MELALUI%20METODE%20QUANTUM%20TEACHING%20POKOK%20B.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3404/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran yang dilaksanakan di MI Cokroaminoto 02 Tribuana Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara, mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I pokok bahasan membaca menunjukan hasil yang sangat rendah dan mendapat nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Mata pelajaran bahasa Indonesia mempelajari tentang aspek membaca, mendengarkan, menulis, yang akan membawanya tentang pemahaman membaca yang baik sesuai degan intonasi dan cara membaca yang baik. Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan membaca bagi siswa kelas I ini digunakan dengan menggunakan metode quantum teaching pada siswa kelas I. Tujuan penelitian adalah (1) gambaran proses keaktifan siswa dengan menggunakan metode quntum teaching. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode quantum teaching pada kelas I. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian sebanyak 16 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Dari data tes Siklus I dapat diketahui peningkatan skor rata-rata kelas yaitu 68,1 dan pada Siklus II 75. Dapat diketahui pula bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setiap pertemuan. Pada Siklus I terjadi peningkatan siswa yang tuntas menjadi 12 siswa (75%) dari 16 siswa. Pada Siklus II ada peningkatan siswa yang tuntas belajar menjadi 14 siswa (87,5%) dari 16 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan diterapkannya metode quantum teaching pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan membaca dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Cokroaminoto 02 Tribuana.