MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN AKIDAH BAGI SISWA KELAS IX MTs MA’ARIF NU 1 SOKARAJA BANYUMAS
Main Author: | Umiatun Chasanah, NIM. 1323303036 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3375/1/UMI%20CHASANAH_MANAJEMEN%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20KOMPUTER.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3375/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3375/ |
Daftar Isi:
- Manajemen pembelajaran berbasis komputer merupakan suatu prosesmerencanakan,mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pembelajaran yang didalamnya terdapat adanya suatu proses pembelajaran yang berbasis padateknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran akidah akhlak merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadits yang secara integrative menjadi sumber nilai dan landasan moral spiritual yang kokoh dalam pengembangan keilmuan. Dalam mata pelajaran tersebut membahas tentang bagaimana cara kita mengimani qadha dan qadhar, dimana takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT yang harus selalu kita yakini dan kita imani ketetapannya. Masalahnya yaitu dalam materi mengimani akan ketetapan Allah SWT mengenai qadha dan qadhar, guru dalam proses belajar-mengajar sebelumnya masih menggunakan metode ceramah, penggunaan metode tersebut mengakibatkan peserta didik hanya fokus pada teori saja, tanpa adanya dukungan dari media pembelajaran maka teori tersebut bisa dikatakan belum matang. Beda masalahnya jika guru mengunakannya media pembelajaran berbasis komputer yang mana pada materi tersebut disajikan materi dan gambar tentang ketetapan Alah SWT yang berkaitan dengan ras, suku dan budaya yang ada diseluruh dunia, dengan adanya bantuan media komputer maka guru dapat menampilkan gambar, dan vidio yang terkait dengan materi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa efektifkah guru dalam me-manajemen pembelajaran berbasis komputerdi kelas, terutama dalam mata pelajaran akidah akhlak bagi siswa di MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat studi lapangan dengan metode kualitatif karena di dasarkan pada tempat dan sumber data yang diambil dari MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Objek penelitian adalah manajemen pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran akidah akhlak bagi siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja. Metode pengumpulan data yang dikumpulkan antara lain metode observasi, wawancara, dokumentasi dan analisa data. Hasil kesimpulan bahwa manajemen pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran Akidah Akhlak bagi siswa kelas IX MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja meliputi perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengevaluasian, serta komponen-komponen pembelajaran berbasis TIK yang telah diaplikasikan dengan apik oleh guru yang sesuai dengan prosedur pembelajaran.