KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH PAGUYANGAN
Main Author: | Khoti Khotul Janah, NIM. 1323302067 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3374/1/KHOTI%20KHOTUL%20JANAH_KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU%20BAHASA%20ARAB%20MADRASAH%20TSANAWIYAH%20PAGUYANGAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3374/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3374/ |
Daftar Isi:
- Sebagai pendididk guru berinteraksi secara langsung dengan peserta didik yang mempunyai potensi beragam, oleh karena itu guru harus mampu menghilangkan ketakutan dan kecemasan peserta didik yang menghambat pemikiran mereka, suasana kegiatan belajar yang menarik, interaktif, memperhatikan keunikan individu, akan membuat potensi peserta didik berkembang secara optimal. Untuk itu guru dituntut memiliki kompetensi pedagogik, karena kompetensi pedagogik merupakankemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang lengkap tentang tingkat kompetensi pedagogik guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Paguyangan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedgoogik guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah paguyangan. Jenis peneltian ini adalahpenelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Paguyangan sedangkan objek penelitian adalah kompetensi pedagogik guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Paguyangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan menunjukan bahwa dari 10 kompetensi inti pedagogik guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Paguyangan, terdapat 1 kompetesi inti yang termasuk dalam kategori sangat baik, 3 kompetensi inti yang termasuk kategori baik, 3 kompetensi yang termasuk dalam kategori cukup baik dan 3 kompetensi inti yang termasuk dalam kategori kurang baik. Nilai rata-rata kompetensi inti pedagogik guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Paguyangan adalah 163,7 dengan simpangan baku mencapai 9,9, artinya rata-rata skor 163,7 termasuk dalam interval kategori baik.