KOMPETENSI PROFESIONAL GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MA’ARIF NU 04 TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Mulina Ma’rifah, NIM. 1323301202 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3341/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3341/2/Maulina%20Ma%E2%80%99rifah_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20RUMPUN%20PAI%20%20DI%20MTs%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%2004%20TAMANSARI%20KECAMATAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3341/ |
Daftar Isi:
- Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam merupakan kemampuan dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu agama yang sekurang-kurangnya meliputi penguasaan : materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran yang akan diampu, yang relevan secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran pendidikan agama Islam. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di MTs Ma’arif NU 04 Tamansari? Latar belakang dari persoalan ini karena masih ada saja guru yang belum sesuai dengan kriteria-kriteria profesional seperti, guru yang mengajar tidak sesuai dengan studi yang diampuh, dan tidak menggunakan metode dan strategi secara tepat guna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mencari informasi langsung dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru rumpun pendidikan agama Islam di MTs Ma’arrif NU 04 Tamansari memiliki kompetensi profesional atau kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran rumpun PAI yaitu mata pelajaran Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, SKI dan Fiqh dengan baik. Hal demikian didukung dari lulusan yang dimiliki oleh masing-masing guru dari bidang pendidikan agama Islam. Beberapa kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru antara lain dalam setiap pembelajaran guru mengajarkan materi yang mereka kuasai sesuai dengan studi yang diampuh, menyesuaikan materi pelajaran dengan kurikulum, mengaitkan materi pelajaran dengan ilmu pengetahuan lain, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan guru menyampaikan materi yang dapat menumbuhkan sikap positif pada diri peserta didik. Sehingga dari kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru menghasilkan sikap positif yang baik seperti, ketaatan peserta didik kepada guru dan orang tua, dan tidak meninggalkan sholat lima waktu. Sedangkan dari segi prestasi dalam bentuk hasil belajar mengajar yang selalu diatas KKM, peserta didik Mts Ma’arif NU 04 Tamansari juga selalu ikut serta dalam setiap perlombaan dan hasilnyapun tidak mengecewakan.