PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: FONI RIZQIA, 1323305119
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3315/1/COVER-ABSTRAK-DAFTAR%20ISI-BAB%20I-BAB%20V-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3315/2/FONI%20RIZQIA-PENGGUNAAN%20METODE%20EKSPERIMEN%20PADA%20PEMBALAJARAN%20IPA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3315/
Daftar Isi:
  • Metodepembelajaranadalahcara yang digunakanoleh guru dalammenyampaikanpembelajarankepadasiswauntukmencapaitujuanpembelajaran. Guru harus bias memilihmetode yang tepatdandisesuaikandenganmateripelajaran agar tujuanpembelajarandapattercapaidenganbaik. Hal tersebutmelatarbelakangiskripsiini.Salah satunyadenganmenggunakanmetodeeksperimen.Metodeeksperimenmemberikankesempatanpadasiswauntukmenemukankonsepsendirimelaluiobservasi, danmenekankanpadapemberianpengalamanlangsunguntukmengembangkankompetensiagaramenjelajahidanmemahamialamsekitarsecarailmiah. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah “BagaimanaPenggunaanMetodeEksperimenPadaPembelajaran IPA Kelas III di MI MuhammadiyahTamansariKarangmoncolPurbalinggaTahunPelajaran 2017/2018?”.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmendiskripsikanbagaimanapenggunaanmetodeeksperimenpadapembelajaran IPA di MI MuhammadiyahTamansariTahunPelajaran 2017/2018. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan (filed research) denganjenispenelitiandeskriptifkualitatifyaitupenelitilangsungkelapanganuntukmemperoleh data daninformasiterkaitpenggunaanmetodeeksperimenpadapembelajaran IPA.. Teknik yang digunakandalampengumpulan data dalampenelitianiniadalahmenggunakanwawancara, observasidandokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakanadalahreduksi, penyajian data, penarikankesimpulan. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanmetodeeksperimenpadamatapelajaran IPA di MI MuhammadiyahTamansaridalam proses pembelajaran IPA sudahbaikkarenametodeeksperimenmembuatpesertadidiklebihmudahmemahamipelajaran yang diterimadenganmelihatfakta, sertamemberikanpengalamanlangsungkepadasiswauntukmengembangkankeaktifansiswadan agar bisaberfikirsecarailmiah. Dalammenggunakanmetodeeksperimendalampembelajaran IPA di MIM Tamansaritelahdilaksanakanmulaidaritahappersiapan,Tamansaritelahdilaksanakanmulaidaritahappersiapan, tahappelaksanaan, dantahaptindaklanjutatauevaluasi.