KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI SMP BUSTANUL ‘ULUM BANTARKAWUNG
Main Author: | SitiNurFaizah, 1323302090 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3314/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3314/2/SITI%20NUR%20FAIZAH_KORELASI%20ANTARA%20PENGUASAAN%20KOSAKATA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3314/ |
Daftar Isi:
- Penguasaankosakatabahasa Arab adalahkemampuanuntukmenguasaisatuanatau unit bahasa yang berfungsisebagaipembentukkalimatdalambahasa Arab. Mempelajari bahasa tidak identik dengan mempelajari kosakata, artinya untuk memiliki kemahiran berbahasa tidak cukup hanya dengan menghafal kosakata. Keterampilanberbicara (maharah al-kalam)merupakansalahsatujeniskemampuanberbahasa yang ingindicapaidalampengajaranbahasa modern termasukbahasa Arab. Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalahapakahadakorelasiantarapenguasaankosakatabahasa Arab denganketerampilanberbicarapadamatapelajaranbahasa Arab siswakelas VIII di SMP BustanulUlumBantarkawung?. Penelitianinimerupakanpenelitiankorelasidenganmenggunakanpendekatankuantitatif.Sampelpenelitianiniadalah 33siswakarenadalampengambilansampelinimenggunakanrandom sampling (sampelsecaraacak). Pengumpulan data diperolehmelaluiobservasi, dokumentasi, dantes.Teknikanalisis data adalahdenganmenggunakananalisisregresi linear sederhanadenganrumusmengkorelasikanvariabelpengasaankosakatabahasa Arab denganketerampilanberbicarasiswa. Hasilpenelitianmenunjukanbahwaterdapatkorelasiantarapenguasaan kosakata bahasa Arab dengan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII di SMP Bustanul ‘Ulum Bantarkawung yang ditunjukandengannilaisignifikansisebesar 0,044 lebihkecildari 0,05dannilaikoefisienkorelasisebesar68,391. Dengandemikian dapat dirumuskan menggunakanhipotesisadalah: