STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN METODE QIRAATI TPQ AL FALAH DAN METODE AS-SYIFA TPQ MIFTAKHUL ULUM DI DUKUHBENDA KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

Main Author: Aisah Munawaroh, 1323308047
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3312/1/AISAH%20MUNAWAROH_STUDI%20KOMPARASI%20HASIL%20BELAJAR%20ANTARA%20PENGGUNAAN%20METODE%20QIRAATI%20TPQ%20AL%20FALAH%20DAN%20METODE%20AS-SYIFA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3312/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3312/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Studi Komparasi hasil belajar santri dalam membaca al-Qur’an yang menggunakan metode Qiraati dengan santri yang mengguakan metode As-Syifa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanahasil belajar membaca al-Quran santri yang menggunakan metode Qiraati di TPQ Al-Falah? (2) Bagaimana hasil belajar membaca al-Quran santri yang menggunakan metode As-Syifa di TPQ Miftahul Ulum? (3) Adakah perbedaan hasil belajarmembaca al-Qur’an antara santri yang menggunakan metode Qiraati di TPQ Al-Falah dan santri yang menggunakan metode As-Syifa di TPQ Miftahul Ulum? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilaksanakan langsung dilapangan atau pada responden.Sampel penelitian sebanyak 32 responden yang terbagi menjadi dua kelompok.Yaitu kelompok pertama santri yang belajar dengan menggunakan metode qiraati sebanyak17 santri.Dan santri yang belajar dengan menggunakan metode As-Syifa sebanyak 15 santri. Dalam penelitian ini mengambil sampel dengan teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan tes lisan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an antara santri yang menggunakan metode Qiraati dengan Menggunakan metode Asyifa.Sedangkan wawancara, obsevasi dan dokumentasi untuk pengumpulan data pendukung lainnya. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisi dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisi komparasi dengan rumus t-test. Kajian ini menunjukan bahwa (1) rata-rata hasil belajar santri yang menggunakan metode Qiraati di TPQ Al Falah termasuk dalam kategorei “baik” hal ini dibuktikan dengan jumlah rata-ratanya yaitu 74,24. (2) rata-rata hasil belajar santri yang menggunakan metode As-Syifa di TPQ Miftakhul Ulum termasuk dalam kategori “cukup” hal ini dibuktikan dengan rata-ratanya adalah 70,33. Dari anlisis Uji hipotesis diperoleh hasil (