MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | SUNARSIH, 1423402065 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3287/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3287/7/SUNARSIH_MANAJEMEN%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20DI%20MADRASAH%20TSANAWIYAH%20PONDOK%20PESANTREN%20PE.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3287/ |
Daftar Isi:
- Manajemen atau pengelolaan merupakan komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya, tanpa manajemen tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal. Dalam hal inilah tumbuh kesadaran akan pentingnya manajemen dalam mengatur pendidikan dan pengajaran untuk membantu pelaksanaan pengajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas yang meliputi, Perencanaan Pembelajaran, Pengorganisasian Pembelajaran Pelaksanaan pembelajaran dan Evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis Interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian, Manajemen Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas :kesatu guru membuat Perencanaan Pembelajaran dengan mempersiapkan silabus dan kurikulum yang telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh madrasah, dengan ini dikembangkan oleh guru menjadi rencana program pengajaran kedua Pengorganisasian Pembelajaran, ketiga Pelaksanaan Pembelajaran yang meliputi Persiapan kelas, Pembukaan, Inti pembelajaran dan Penutup kemudian yang keempat adalah Evaluasi yang dilaksanakan oleh para guru pendidikan agama Islam dan terahir Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen pembelajaran Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas.