Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya mencapai target yang diharapkan. Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah ModernAl-Azhary Ajibarang Banyumas menggunakan metode Bil Qolam, dengan metode ini siswa begitu antusias dalam hafalannya. Kekhasan metode yang digunakan di dalam melaksanakan program taḥfiẓAl-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Modern Al-Azhary Ajibarang ini dijadikan sebagai program unggulan dan menjadi nilai tambah bagi sekolah Tersebut yang masih sangat jarang menerapkan metode Taḥfiẓ di Ajibarang. Adapun permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep metode Bil Qolam dalam pembelajaran taḥfiẓAl-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah ModernAl-Azhary Ajibarang Banyumas tahun pelajaran 2016/2017?; (2) Bagaimana implementasi metode Bil Qolam dalam pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah ModernAl-Azhary Ajibarang Banyumas tahun pelajaran 2016/2017?. (3) Bagaimana Hasil penggunaan metode Bil Qolam dalam pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah ModernAl-Azhary Ajibarang Banyumas tahun pelajaran 2016/2017?.Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode obervasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Bil Qolam dalam pembelajaran taḥfiẓAl-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah ModernAl-Azhary Ajibarang Banyumas tahun pelajaran 2016/2017 mengunakan konsep pembelajaran yang mengadopsi dari pesantren ilmu Al-Qur’an (PIQ) Singosari Malang, dimana dalam mengimplementasikannya dengan 4 kegiatan yaitu pembukaan, kegiatan talqin dan Ittiba’, urdhohdan setoran. Sedangkan hasil pembelajaran untuk setiap tahunnya selalu mencapai target yang ditentukan oleh madrasah yaitu kelas VII mengkhatamkan 4 jilid buku Bil Qolam dan menghafalkan juz 30, kelas VIII menghafalkan 3 juz Al-Quran dan kelas IX menghafalkan 3 juz Al-Qur’an, sehingga selama tiga tahun mampu menghafalkan 7 juz Al-Qur’an, hal ini karena didukung oleh semangat dan kecerdasaran siswa, metode yang digunakan, dan program yang dijalankan secara intensif. Kaca Kunci : Metode Bil Qolam, Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur’an.