MANAJEMEN KELAS UNGGULAN DI MTs MINAT KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP
Main Author: | Siti Rofiqotul Hasanah, 1323303081 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3268/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3268/2/SITI%20ROFIQOTUL%20HASANAH_MANAJEMEN%20KELAS%20UNGGULAN%20DI%20MTs%20MINAT%20KESUGIHAN%20KABUPATEN%20CILACAP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3268/ |
Daftar Isi:
- Manajemen kelas unggulan pada MTs MINAT Kesugihan adalah melaksanakan kegiatan pengelolaan berdasarkan pola fikir manajemen, atau berdasarkan proses manajemen dengan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi secara terpadu, guna mendukung tercapainya tujuan. Latar belakang dalam penelitian ini bahwa MTs MINAT Kesugihan Kabupaten Cilacap, merupakan Madrasah Tsanawiyah yang menerapkan adanya program kelas unggulan dengan tujuan untuk mengembangkan pendidikan bagi anak yang memiliki potensi dan kecerdasan dan bakat unggul. Adapun tujuan dari peneliti ini untuk mengatahui bagaimana manajemen kelas unggulan di MTs MINAT Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cara berfikir analisis kualitatif. Informasi mengenai subjek penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap Kepala MTs MINAT kesugihan, direktur kelas unggulan, dan wali murid atau orang tua peserta didik kelas unggulan. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa kelas unggulan di MTs MINAT Kesugihan telah terimplementasi dengan optimal karena sudah memenuhi fungsi-fungsi manajemen. Ditandai dengan perencanaan kelas unggulan yaitu adanya penetapan diadakannya kelas unggulan dan persiapan penyelenggaraan kelas unggulan. Pengorganisasian kelas unggulan adanya pemilihan tenaga tim dan pembentukan tim pengelola kelas unggulan yang sudah tertata dengan jelas karena telah ditentukan pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab secara rinci berdasarkan bagian dan bidang masing-masing tim pengelola. Pelaksanaan kelas unggulan yaitu adanya bentuk penyelenggaraan kelas unggulan, penyeleksian peserta didik kelas unggulan, proses belajar mengajar dikelas unggulan, pemanfaatan sarana prasarana, pihak yang terlibat dan pembiayaan. Pengawasan kelas unggulan ditandai dengan adanya promosi-promosi ke beberapa sekolah lain. Serta adanya evaluasi kelas unggulan ditandai dengan adanya ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan harian.