MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU GURU DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Atik Restusari, 1423402110
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3257/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3257/2/ATIK%20RESTUSARI_MANAJEMEN%20STRATEGIK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3257/
Daftar Isi:
  • Manajemen strategik dalam dunia pendidikan merupakan sesuatu yang relatif baru. Hal ini dikarenakan keberhasilan lembaga profit menerapkan manajemen strategik untuk mencapai tujuan. MTs Negeri Model Purwokerto merupakan lembaga pendidikan negeri yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan unggulan dengan peserta didiknya sarat akan prestasi baik dari segi akademik atau non-akademik. Gurunya merupakan guru yang terpilih dengan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen strategik dalam upaya peningkatan mutu guru di MTs Negeri Model Purwokerto, mulai dari analisis lingkungan, formulasi strategik, implementasi strategik, sampai evaluasi dan pengawasan strategik dalam peningkatan mutu guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di MTs Negeri Model Purwokerto Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, menggunakan tiga alur kegiatan, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan, serta analisis SWOT. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Analisis lingkungan yang dilakukan MTs Negeri Model Purwokerto untuk peningkatan mutu pendidik adalah analisis SWOT yang menghasilkan program atau kegiatan sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan. Kedua, Formulasi strategik yang digunakan MTs Negeri Model Purwokerto, dilakukan dengan menyusun visi, misi dan tujuan madrasah yang dibuat oleh tim perumusan Rencana Kerja Madrasah (RKM). Formulasi strategik yang yang dilakukan MTs Negeri Model Purwokerto untuk peningkatan mutu guru dengan program perekrutan guru, pembinaan dan pengembangan guru. Ketiga, Implementasi strategik yang dilakukan MTs Negeri Model Purwokerto untuk peningkatan mutu guru, yaitu perekrutan dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan dengan seleksi ketat tanpa unsur KKN, agar mendapatkan calon guru yang berkompetensi dan berkomitmen tinggi. Sedangkan pembinaan dan pemberdayaan guru dilakukan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh panitia pelaksana. Keempat, Evaluasi dan pengawasan strategik MTs Negeri Model Purwokerto, ada dua macam yaitu supervisi perorangan oleh kepala madrasah, waka kurikulum, pendidik senior, dan penilik. Sedangkan supervisi kelompok dengan mengadakan rapat koordinasi dengan pendidik satu rumpun mata pelajaran, rapat koordinasi mingguan dan bulanan, dan MGMP.