Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Main Author: Hidayatun Hikmah, 1423402094
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3245/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3245/2/HIDAYATUN%20NIKMAH_EVALUASI%20PROGRAM%20PENGEMBANGAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3245/
Daftar Isi:
  • Program pengembangan profesionalisme guru di MI Ma’arif NU Pageraji Cilongok Kabupaten Banyumas sudah berjalan sejak tahun 2010. Tim Penjamin Mutu yang membawahi Tim Pengembang Madrasah(TPM) TPM bertanggung jawab dalam kegiatan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program pengembangan profesionalisme guru di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Model evaluasi ini dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam dkk. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1)Dari komponen context, perumusan visi, misi, dan tujuan program pengembangan profesionalisme guru sudah kategori baik. Sedikit catatan pada perumusan visi dimana perumusan misi masih kurang sempurna, karena visi dari pelaksanaan program pengembangan profesionalisme guru merupakan implementasi dari visi dan misi madrasah yang mengacu pada program tahunan dan Renstra madrasah. 2) Dari komponen Input, menunjukkan bahwa input tim, guru, kurikulum serta sarana dan prasarana sudah kategori baik. Sedikit catatan pada input sarana dan prasarana masih perlu adanya peninjauan terkait pengembangan profesionalisme guru. 3) Dari komponen Process, penggunaan metode, media, materi, danwaktu pembelajaran dalam pengembangan profesionalisme guru sudah kategori baik. Sementara untuk waktu pengembangan profesionalisme guru perlu dioptimalkan. 4) Komponen Product sudah kategori baik. Pencapaian program pengembangan profesionalisme guru sudah sesuai target yang ditetapkan oleh madrasah. Program yang dibuat oleh tim pengembangan profesionalisme guru sangat efektif untuk memantau dan mengukur keberhasilan program yang dibuat oleh tim pengembangan profesionalisme guru.