KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Solihah Maryati, 1423402045
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/1/TESIS%20SOLIHAH%20MARYATI%20BAB%20I%2CVI%2CDAFTAR%20PUSTAKA%26LAMPIRAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/2/TESIS%20SOLIHAH%20MARYATI%20FULL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/
ctrlnum 3238
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/</relation><title>KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH&#xD; DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN&#xD; DI MI MA&#x2019;ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK&#xD; KABUPATEN BANYUMAS</title><creator>Solihah Maryati, 1423402045</creator><subject>2x7.3202 Administrasi dan Manajemen</subject><description>Transformasi esensinya adalah mengubah potensi menjadi energi nyata. Kepala madrasah yang mampu melakukan transformasi kepemimpinan berarti dapat mengubah potensi institusinya menjadi energi untuk meningkatkan mutu proses dan output pendidikan. &#xD; Penelitian ini bertujuan adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Pageraji; dan (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kepemimpinan transformasional di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Pageraji.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil atr di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Pageraji. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kepemimpinan kepala MI Ma&#x2019;arif NU 1 Pageraji adalah kepemimpinan transformasional, dengan menerapkan konsep &#x201C;4I&#x201D;, yaitu: idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration, yang tercermin dari perilaku yang cenderung pada melaksanakan tindakan yang selalu menyerap aspirasi bawahannya, memberdayakan para bawahan agar bekerja secara maksimal, senantiasa memperhatikan kebutuhan bawahan dengan berusaha menciptakan suasana saling percaya dan mempercayai, berusaha menciptakan saling menghargai, simpati terhadap sikap bawahan, memiliki sifat bersahabat, menumbuhkan peran serta bawahan dalam pembuatan keputusan dan kegiatan lain, dengan mengutamakan pengarahan diri, tumbuh pula rasa respek dan hormat diri dari bawahan kepada pimpinannya, sehingga apa yang menjadi tugas merupakan hasil keputusan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (2) Peningkatan mutu pendidikan di MI Ma&#x2019;arif NU 1 Pageraji berjalan dengan baik, yakni dengan melihat respon dari masyarakat yang selalu meningkat. Hal ini tidak terlepas dari usaha-usaha kepala madrasah, di antaranya: (a) Meningkatkan mutu sumber daya manusia; (b) Adanya program pembinaan siswa, tenaga pendidik dan karyawan; (c) Layanan pendidikan.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/1/TESIS%20SOLIHAH%20MARYATI%20BAB%20I%2CVI%2CDAFTAR%20PUSTAKA%26LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/2/TESIS%20SOLIHAH%20MARYATI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Solihah Maryati, 1423402045 (2017) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA&#x2019;ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, PASCASARJANA IAIN PURWOKERTO. </identifier><recordID>3238</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Solihah Maryati, 1423402045
title KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS
publishDate 2017
isbn 9781423402046
topic 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/1/TESIS%20SOLIHAH%20MARYATI%20BAB%20I%2CVI%2CDAFTAR%20PUSTAKA%26LAMPIRAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/2/TESIS%20SOLIHAH%20MARYATI%20FULL.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3238/
contents Transformasi esensinya adalah mengubah potensi menjadi energi nyata. Kepala madrasah yang mampu melakukan transformasi kepemimpinan berarti dapat mengubah potensi institusinya menjadi energi untuk meningkatkan mutu proses dan output pendidikan. Penelitian ini bertujuan adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepemimpinan transformasional kepala madrasah di MI Ma’arif NU 1 Pageraji; dan (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kepemimpinan transformasional di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil atr di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kepemimpinan kepala MI Ma’arif NU 1 Pageraji adalah kepemimpinan transformasional, dengan menerapkan konsep “4I”, yaitu: idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration, yang tercermin dari perilaku yang cenderung pada melaksanakan tindakan yang selalu menyerap aspirasi bawahannya, memberdayakan para bawahan agar bekerja secara maksimal, senantiasa memperhatikan kebutuhan bawahan dengan berusaha menciptakan suasana saling percaya dan mempercayai, berusaha menciptakan saling menghargai, simpati terhadap sikap bawahan, memiliki sifat bersahabat, menumbuhkan peran serta bawahan dalam pembuatan keputusan dan kegiatan lain, dengan mengutamakan pengarahan diri, tumbuh pula rasa respek dan hormat diri dari bawahan kepada pimpinannya, sehingga apa yang menjadi tugas merupakan hasil keputusan bersama dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (2) Peningkatan mutu pendidikan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji berjalan dengan baik, yakni dengan melihat respon dari masyarakat yang selalu meningkat. Hal ini tidak terlepas dari usaha-usaha kepala madrasah, di antaranya: (a) Meningkatkan mutu sumber daya manusia; (b) Adanya program pembinaan siswa, tenaga pendidik dan karyawan; (c) Layanan pendidikan.
id IOS3655.3238
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2017-11-30T23:59:42Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:06Z
recordtype dc
_version_ 1763141794202124288
score 17.538404