PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI MI MA’ARIF NU 01 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017
Main Author: | SOLEKHAN, 1323310075 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3211/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3211/2/SOLEKHAN_PEMBINAAN%20PROFESIONALISME%20GURU.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3211/ |
Daftar Isi:
- Guru merupakankomponenpengajaran yang memegangperananpentingdanutama, karenakeberhasilan proses belajarmengajarsangatditentukanolehfaktor guru meskipunbukansatu-satunyafaktor yang mempengaruhi. Makadariitu, guru harusmemilikikaulifikasiakdemiksesuaibidang yang diampunyasertamempunyaipeningkatan kinerja yang profesional, baikdalammerencanakan program pengajaranmaupundalampelaksanaan proses belajarmengajar. Kompetensiprofesionalmerupakankemampuan guru dalammenguasaipengetahuanbidangilmupengetahuan, teknologi, dan/atausenidanbudaya yang diampunya yang sekurang-kurangnyameliputipengelolaan kelas, penguasaanmaterisecaraluasdanmendalam, sertakonsepdanmetodedisiplinkeilmuan yang diampu. Rumusanmasalahnyaadalahbagaimanakahpembinaan profesionalismeguru dalamkinerjanyasebagai guru, sertapengelolaan proses belajarmengajar, danlangkah yang dilakukan Kepala Madrasah seperti: Pembinaan Guru, Supervisi, dan Kedisplinan guru di MI Ma’arif NU 01 SokaweraKecamatanCilongokKabupatenBanyumas ? Jenispenelitianadalahpenelitianlapangan.Denganmenggunakanmetodedeskriptifanalisis.Subjekpenelitianadalah guru-guru yang mengajardankepalasekolah di MI Ma’arif NU 01Sokawera.ObjekpenelitianadalahPembinaanprofesionalisme guru di MI Ma’arif NU 01 Sokawera.Metodepengumpulan data yang digunakanantara lain metodeobservasi, metodewawancara, metodedokumentasi, danmetodeanalisis data. Hasilkesimpulannyabahwapembinaanprofesionalisme guruyang telahdilakukan oleh kepala sekolah dalam memenuhikualifikasiakademik di MI Ma’arif NU 01Sokaweracukup baik. Hal initerlihatdaripembinaan guru, kedisiplinan guru, supervisiyang dilakukanolehkepalasekolahterhadap guru dalampenguasaanmateri, pengelolaankelaspadasaat proses belajarmengajar, penggunaanmetodesecarabervariasiuntukmengatasikarakteristikpesertadidik yang berbedasatudengan yang lainnya, sertaguru sangatkreatifdalam membuka dan mentutup pelajaran sehingga peserta didik merasa tidak bosan dengan pelajaran yang dibawakan oleh gurunya.