PENDIDIKAN KARAKTER: INTERNALISASI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP YOS SUDARSO SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Ipung Tyas Safitrie, NIM. 1323301213
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3197/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3197/2/IPUNG%20TYAS%20SAFITRIE_PENDIDIKAN%20KARAKTER.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3197/
Daftar Isi:
  • Hilang karakter seseorang adalah akar dari semua tindakan yang jahat dan buruk, karena karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri setiap individu untuk hidup dan bekerja sama baik dalam lingkungan keluarga, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik yaitu individu yang dapat membuat keputusan dan siap bertanggungjawab atas apa yang menjadi keputusannya. Bertoleransimerupakansalahsatunilaidalampendidikankarakteryang dapat menjadi sarana efektif dalam pendidikan karakter. Persoalan utama yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang dapat memberikankontribusi dalam internalisasitoleransiberagamadalampembelajaranpendidikan Agama Islam di SMP YosSudarsoSokarajaKabupatenBanyumasdanbagaimanametode yang digunakandalaminternalisasitoletansiberagama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan SMP YosSudarsodalammenginternalisasikantokeransiberagamadalampembelajaranterhadapguru, staf, danparapesertadidik. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Metode dalam pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode dalam analisis yang digunakan adalah metode analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, verivikasi data dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Internalisasinilai-nilaiToleransiBeragamadalamPembelajaranPendidikan Agama Islam di SMPYosSudarsoSokarajaKabupatenBanyumasterdiridaribeberapakegiatanyaitu : a) sholatdhuhurberjamaah, b) memberisalam, c) bukapuasabersamaketikabulanRamadhan, d) pesantrenkilat, e) kegiatangotongroyongberupago green.MetodePendidikanKaraktermenggunakanbeberapacara. Sepertiketeladanantoleransipara guru danstafsekolah, pembiasaan yang baiksebagaicontohuntukparapesertadidiksehinggatidakhanyapesertadidiknamunpara guru danstafjugademikian, menceritakanmanfaatatauindahnyahidupbertoleransidandampaknegatif yang dapatterjadiapabilaketidakadanyainternalisasitoleransiberagama, menggunakanmetodenasehatuntukpesertadidik yang masihsalingmengejek.