EVALUASI KINERJA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI DISTRIK I KABUPATEN CILACAP

Main Author: Ahmad Zakki Mahis, 1522605026
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3193/1/AHMAD%20ZAKKI%20MAHIS_EVALUASI%20KINERJA%20PENGAWAS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3193/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3193/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pengawas PAI SD di Distrik I Kabupaten Cilacap dalam pelaksanaan supervisi akademik, yang meliputi empat komponen, yaitu penyusunan program supervisi (K1), pelaksanaan program supervisi (K2), evaluasi hasil pelaksanaan program supervisi (K3), membimbing dan melatih profesional guru (K4), evaluasi mengenai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan supervisi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuntitatif. Populasi penelitian ini mencakup pengawas PAI SD dan guru PAI SD di distrik I Kabupaten Cilacap, meliputi Kecamatan Kesugihan, Kecamatan Jeruklegi, Kecamatan Cilacap Utara, Kecamatan Cilacap Tengah, dan Kecamatan Cilacap Selatan. Pengawas PAI yang berjumlah 7 orang menjadi subjek penelitian seluruhnya, sedangkan guru PAI yang menjadi sampel penelitian berjumlah 32 orang guru atau 15%. Data penelitian ini diambil dengan wawancara sebagai cara utama, sedangkan observasi dan dokumentasi sebagai pendukung. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kinerja pengawas dalam komponen penyusunan program supervisi/K1 memperoleh predikat amat baik atau A; (2) Kinerja pengawas dalam pelaksanaan program supervisi/K2 memperoleh predikat baik atau B; (3) Kinerja pengawas dalam evaluasi hasil pelaksanaan program supervisi/K3 memperoleh predikat baik atau B; (4) Kinerja pengawas dalam membimbing dan melatih profesional guru/K4 mendapat predikat baik atau B; (5) Kinerja pengawas secara keseluruhan yang mencakup seluruh komponen supervisi mendapatkan predikat baik atau B. Evaluasi dalam pelaksanaan supervisi terdiri dari kendala internal dan eksternal, kendala internal yaitu dari pengawas sendiri seperti kompetensi dan profesionalisme pengawas, dan faktor eksternal, seperti kendala dalam persoalan pendanaan operasional kegiatan, kendala pembagian waktu jadwal kegiatan, dan kendala lokasi binaan yang luas atau jauh. Upaya dalam mengatasi kendala tersebut diantaranya dengan pengembangan kompetensi melalui pelatihan atau bimbingan teknis dan peningkatan kualifikasi pendidikan formal bagi pengawas.